288 Calon Mahasiswa Baru Stikes Karsa Husada Garut, Mengikuti Tes Kesehatan

  • Whatsapp
TES KESEHATAN. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Karsa Husada Garut melaksanakna tes kesehatan. kepada 388 Calon Mahasiswa Baru.Pelaksanaan Tes Kesehatan dari 16-20 Maret 2021 itu, dilaksanakan di Puskesmas Tarogong, Jalan Nomor 03 Tarogong Kaler Garut, Selasa (16/3/2021).
banner 468x60

BISNISGARUT.COM – Sebanyak 288 calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Karsa Husada Garut mengikuti tes kesehatan. Pelaksanaan Tes Kesehatan dari 16-20 Maret 2021 itu, dilaksanakan di Puskesmas Tarogong, Jalan Nomor 03 Tarogong Kaler Garut, Selasa (16/3/2021).

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Stikes Karsa Husada Garut Tahun Akademik 2021-2022, Eldesa Vava Rilla mengatakan, Peserta yang mengikuti tes kesehatan terdiri dari 88 peserta dari jalur prestasi atau undangan rapport dan 300 dari jalur umum gelombang satu penerimaan mahasiswa baru.

Bacaan Lainnya

“ Tes kesehatan kita lakukan selama lima hari, per harinya kita lakukan tes sekitar 60 peserta,” katanya, tes kesehatan dilakukan pada seluruh calon mahasiswa baru Program Studi D3 Farmasi, D3 Analis, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, S1 Keperawatan dan Profesi Ners.

Ia menerangkan tes kesehatan meliputi, pemeriksaan fisik, Pemeriksaan tes buta warna, dan cek laboratorium hepatitis B surface antigen (HBsAg).

“ Untuk pemeriksaan keadaan umum dilaksanakan oleh tim Stikes Karsa Husada Garut,” ujarnya

Hasil tes kesehatan, kata dia, dapat mempengaruhi lulus atau tidaknya calon mahasiswa itu, hal ini karena tes kesehatan merupakan syarat dari penerimaan calon mahasiswa baru.

Ia menambahkan, beberapa hal yang tidak bisa meluluskan peserta, antara lain tinggi badan yang tidak memenuhi persyaratan, lalu HBsAg positif, karena cenderung peserta itu memiliki penyakit Infeksius dan ketiga peserta yang  buta warna.

“Tenaga kesehatan itu tidak boleh buta warna, serta kondisi fisiknya juga harus kuat,” tuturnya

Sementara untuk hasil tes kesehatan, rencananya akan diumumkan pada 23 Maret 2023, melalui Website Stikes Karsa Husada Garut, WhatsApp Group dan dipajang melalui Majalah Dinding (Madding).

“Kita berharap melalui tes kesehatan ini, mahasiswa yang masuk Stikes Karsa Husada Garut itu, Mahasiswa-mahasiswi yang sehat jasmani dan rohani, dan siap menerima perkuliahan yang memang jurusan Kesehatan itu kuliahnya padat, ada waktu praktek rumah sakit, jadi dituntut mahasiswa dan mahasiswi sehat,” katanya. (Snt)

 

Pos terkait